BELAJAR

  • June 10, 2024

Pameran Seni, Digital: Kreativitas dan Kepedulian Siswa YPJ

  • By Matelda & Franky
  • Photo by Mibo

Kuala Kencana, 6 Juni 2024 – Sport Hall Sekolah YPJ Kuala Kencana menjadi pusat perhatian dengan diadakannya Pameran Seni dan Digital oleh siswa SMP YPJ Kuala Kencana. Acara yang berlangsung meriah ini menampilkan berbagai karya kreatif siswa kelas 7 dan kelas 8, yang berhasil memadukan seni, teknologi, dan kepedulian terhadap lingkungan. 

Peserta pameran menjelaskan produk mereka kepada pengunjung

Siswa kelas 7 menampilkan hasil karya mereka dalam pelajaran Prakarya yang mengolah limbah lunak menjadi produk kerajinan bernilai tinggi seperti tempat tisu dari karton bekas, vas bunga dari koran bekas, frame foto, pot bunga dari kulit jagung dan masih banyak lainya. Dengan tema “We Are Care and Creative Person” para siswa juga memamerkan keahlian mereka dalam seni budaya dengan membuat ragam hias batik tulis. Proses pembuatan karya ini, mulai dari perencanaan hingga pameran, memakan waktu hampir tiga bulan dan menjadi bukti nyata kreativitas dan ketekunan siswa dalam belajar dan berkarya. karya-karya ini menunjukkan bagaimana barang bekas dapat diubah menjadi produk yang fungsional dan estetis. 

Siswa kelas 8 menampilkan website portofolio

Kelas 8 menampilkan pameran digital melalui website pribadi yang memuat portofolio digital mereka. Karya-karya ini tidak hanya menunjukkan kemampuan teknis dalam pembuatan website, tetapi juga mengangkat nilai-nilai sosial melalui poster digital. Persiapan pameran digital ini berlangsung selama lima bulan, mencerminkan dedikasi dan komitmen para siswa dalam menyelesaikan proyek mereka. 

Siswa mempresentasikan hasil karya digital kepada Direktur Sekolah YPJ

Pameran ini tidak hanya bertujuan untuk memamerkan hasil karya siswa, tetapi juga memberikan pengetahuan kepada pengunjung tentang pentingnya menjaga bumi dengan memanfaatkan barang bekas menjadi produk yang bernilai ekonomi dan estetika. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan karya orang lain. 

Khusus untuk pameran digital, tujuan lainnya adalah mengedukasi pengunjung tentang manfaat media online, seperti website, dalam mendokumentasikan portofolio pribadisecara digital. Ini sangat relevan dalam era digital saat ini, di mana dokumentasi dan penyebaran informasi secara online menjadi sangat penting. 

Penjelasan produk kepada pengunjung

Pameran ini mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan yang hadir, termasuk siswa SD dan SMP YPJ Kuala Kencana, pimpinan sekolah, tamu dari sekolah-sekolah di Timika, khususnya Departemen Lingkungan PTFI yang selama ini selalu dilibatkan sebagai narasumber dan media belajar utama di kelas prakarya . Mereka menilai kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat, karena mengajarkan anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan sambil mengembangkan kreativitas dan kemampuan teknis mereka. 

“Kegiatan ini sangat inspiratif dan bermanfaat. Anak-anak belajar bagaimana menjaga lingkungan sekaligus membuat sesuatu yang memiliki nilai ekonomi,” ujar salah satu pengunjung yang adalah orang tua siswa. 

Kesan dari pengunjung dari perwakilan sekolah di Timika dan orangtua

Pameran Seni dan Digital SMP YPJ Kuala Kencana berhasil menggabungkan berbagai elemen pendidikan yang penting, yakni kreativitas, kepedulian lingkungan, teknologi digital, dan apresiasi seni. Acara ini tidak hanya memamerkan hasil karya siswa, tetapi juga menginspirasi pengunjung untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan memanfaatkan teknologi secara positif. 

Dengan suksesnya acara ini, SMP YPJ Kuala Kencana telah menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya tentang belajar di dalam kelas, tetapi juga tentang bagaimana mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.