EDUMEDIA

  • November 3, 2023

Implementasi Model Pembelajaran ASYIK untuk Anak Usia Dini

  • By admin
  • Photo by Agnes

Pengagas Model Bermain ASYIK: Dr. Sri Watini, M.Pd | Narasumber Webinar: Theresa Agnes Boki, M.Pd

Webinar ini diadakan pada Minggu 29 Oktober 2023 secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Saya sebagai salah satu narasumber di webinar ini. Dalam webinar ini, kami membahas model bermain Aman, Senang, Yakin dan Percaya Diri, Inovatif, Kreatif (ASYIK) yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak usia dini. Tidak hanya itu, saya juga berbagi tentang strategi pembelajaran visible thinking routines yang dapat digunakan dalam kelas.

Manfaat model bermain ASYIK sangatlah penting dalam pembelajaran anak usai dini. Model ini menawarkan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif sehingga dapat meningkatkan minat belajar anak-anak. Dengan melibatkan mereka secara aktif melalui berbagai kegiatan seperti, bernyanyi, bermain, dan eksperimen sederhana. Model ASYIK membantu menciptakan lingkungan belajar yang stimulatif.  Selain itu, model pembelajaran ini juga mendorong kreativitas dan imajinasi anak-anak. Mereka diajak untuk berpikir out of the box melalui aktivitas seni seperti menggambar dan membuat kerajinan tangan.

Menyanyikan lagu ASYIK merupakan salah satu aspek penting dari model pembelajaran ASYIK untuk anak usia dini. Anak-anak dapat  belajar mengenal berbagai macam kata dan kosakata baru. Menyanyi juga bisa menjadi sarana ekspresi diri bagi anak-anak. Lagu ASYIK pun memiliki lirik yang sederhana dan mudah diingat sehingga anak-anak untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran dan hati mereka.

Salah satu manfaat utama dari model pembelajaran ASYIK adalah mendukung agensi pembelajar anak usia dini. Agensi pembelajaran merujuk pada kemampuan dan keinginan anak untuk belajar secara aktif dan mandiri. Melalui pendekatan ASYIK, anak-anak didorong untuk menjadi subjek dalam proses belajar mereka. Guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan stimulus dan dukungan kepada anak-anak dalam mengembangkan minat dan kreativitas mereka. Guru dapat memantau perkembangan masing-masing siswa dengan lebih baik sehingga bisa memberikan bimbingan yang tepat sesuai kebutuhan individu.

Rekaman Webinar Pembelajaran Asyik

Visible thinking routines bertujuan untuk memperkuat kemampuan kognitif anak-anak. Mereka diajak untuk mengamati, menganalisis, dan menghubungkan informasi yang mereka peroleh. Melalui penggunaan alat bantu visual seperti gambar, anak-anak dapat dengan mudah memvisualisasikan konsep-konsep abstrak. Melalui webinar ini, kita telah membahas tentang implementasi model pembelajaran ASYIK untuk anak usia dini. Model pembelajaran ini tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan anak-anak, tetapi juga menyenangkan dan interaktif serta berfokus pada kemampuan anak untuk belajar secara mandiri.

Penulis: Agnes T. Boki

Guru PAUD YPJ Kuala Kencana

Latest News