TENTANG KAMI

Menapak Masa Lalu, Bertumpu Masa Kini, Meniti Masa Depan

Menapak Masa Lalu, Bertumpu Masa Kini, Meniti Masa Depan

 

 

KEHADIRAN Freeport Indonesia Incorporated di Tembagapura, Irian Jaya pada tahun 1972 memberikan nafas kehidupan baru di provinsi ujung timur. Kesunyian lembah dataran tinggi pegunungan Jayawijaya terkuakkan gairah hidup mendayagunakan kekayaan alam bumi persada. Keberanian putera-puteri Indonesia menantang keganasan alam untuk menciptakan tingkat kehidupan lebih baik bersama Freeport Indonesia Incorporated pada awal operasinya, menghadirkan keluarga-keluarga perintis dari segala penjuru tanah air ke Tembagapura. Kehadiran keluarga-keluarga di Tembagapura menuntut adanya sarana pendidikan bagi anak-anak mereka.

 

Pada tanggal 7 Agustus 1973, Bapak Ali Budiharjo, Vice President dan Resident Director Freeport Indonesia Incorporated pada waktu itu mendirikan Yayasan Pendidikan Jayawijaya dihadapan notaris Abdul Latif. Yayasan inilah yang diserahi tugas dan tanggung jawab untuk mengelola sekolah-sekolah di Tembagapura. Badan Pengurus Yayasan untuk pertama kali dijabat oleh Ir. R.M. Goenardi sebagai Ketua, Bapak Hans Risakota sebagai Sekretaris, Ir. R. Komardi sebagai bendahara dengan anggota-anggota Bapak G.T. Stok, Ir. Usman Sutan Pamuntjak, Witjaksono, dan Tonny Tuwaidan.

 

Dibukanya Sekolah YPJ di Tembagapura merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan PT Freeport Indonesia pada tahun 1973 ketika Tambang Gunung Bijih (Erstberg) mulai beroperasi. Tanpa YPJ, Tembagapura tidak akan dihuni oleh para keluarga. Itu sebabnya YPJ menjadi salah satu kontributor penting terhadap terciptanya Kota Tembagapura sebagai suatu daerah pemukiman yang dinamis seperti saat ini dengan masyarakat yang multinasional, sarat dengan semangat kekeluargaan dan kebersamaan.

 

Sekolah YPJ memiliki 2 Kampus yaitu Kampus Tembagapura dan Kampus Kuala Kencana yang masing-masing terdiri dari tiga unit sekolah yaitu Taman Kanak-kanak yang di dalamnya termasuk kelompok bermain, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kampus Tembagapura berlokasi di dataran tinggi dengan cuaca dingin dikelilingi pegunungan yang menawan. Sedangkan Kampus Kuala Kencana yang didirikan pada tahun 1996 berlokasi di dataran rendah di area Kota Kuala Kencana yang merupahkan kota yang bersih, indah dan menyatu dengan hutan tropis Papua.

 

Pada awal berdirinya siswa YPJ sebanyak 267 terdiri dari TK 54, SD 179 dan SMP 34 siswa dan seiring berjalan waktu saat ini siswa sekolah YPJ telah mencapai lebih dari 1500 siswa yang bersekolah di sekolah YPJ Kampus Tembagapura dan Kampus Kuala Kencana. Saat ini, lebih dari 40 tahun Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya hadir untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak karyawan PTFI dan afiliasinya di Jobsite.

 

Sudah banyak alumni YPJ yang dihasilkan, beberapa diantaranya saat ini merupahkan pemangku kebijakan di pemerintah daerah, pusat dan di perusahaan-perusahaan besar termasuk PTFI sendiri. Dari data prestasi nilai akademik tingkat SD dan SMP se Mimika, siswa selalu mendominasi perolehan nilai terbaik khususnya nilai ujian akhir nasional. Demikian halnya dengan berbagai kegiatan kegiatan luar sekolah, lomba-lomba antar sekolah dan berbagai olimpiade sains bertaraf nasional dan internasional selalu diikuti siswa YPJ dan memperoleh prestasi yang membanggakan.

LANGGANAN NEWSLETTER

GALERI SEKOLAH

KONTAK KAMI