EDUMEDIA

KEBEBASAN BERPENDAPAT DI INTERNET

19 NOV 2015 · ADMIN · DOWNLOAD PDF

KEBEBASAN BERPENDAPAT DI INTERNET

NEGARA Indonesia secara sah menjamin kemerdekaan berpendapat bagi tiap-tiap orang. Masing-masing mereka memiliki pandangan yang berbeda terhadap kehidupan dan patut dihargai serta dilindungi. Salah satu media untuk menulis pendapat yang paling banyak diminati saat ini melalui media internet. Media ekspresi di internet seperti blog pribadi, akun jejaring sosial, forum diskusi, mailing list, micriblogging, dan lain-lain.

 

Kemajuan teknologi komunikasi saat ini sangat canggih. Lahirnya internet memudahkan kita dalam berinteraksi dan berekspresi. Di antaranya, mengerjakan tugas-tugas, berkomunikasi, menghasilkan uang, memajukan perusahaan, mendapat hal baru, dan, mengetahui berita dunia. Semua orang pun bebas mengemukakan pendapatnya di internet.Termaksud keluh kesah mereka/para pengguna terhadap suatu hal. Apakah bertukar pikiran selalu terjadi? Bertukar pikiran di internet sering dilakukan oleh orang-orang, misalkan mereka bertukar pikiran melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, line, dan lain-lain. Setiap orang berhak menampilkan identitasnya maupun sebagai anonim. Informasi yang berkembang di internet saat ini menjadi salah satu tolak ukur kemajuan berpikir manusia.

 

Dalam lingkup yang lebih sempit, tampak pada pola interaksi dan ekspresi dunia remaja saat ini. Banyak di antara mereka yang berpendapat di internet secara positif, saling memuji, dan saling memberi dukungan. Jejaring sosial pun digunakan untuk berpendapat, mengomentari, bahkan mengulas berita-berita di televisi. Pengalaman-pengalaman baru diperoleh dengan cara saling melengkapi satu sama lain. Ketika suka duka digantikan oleh suka cita dari teman lain. Hal ini berdampak positif bagi kehidupan remaja dan membangkitkan semangat.

 

Meskipun demikian, banyak hal bijak yang telah dibuat oleh manusia dalam pemikiran mereka, tetapi mereka tidak bisa temukan sebuah efek dan pengaruh berarti ketika berpendapat di internet. Mereka juga sering menulis atau berpendapat di jejaring sosial suka menyindir orang, mengejek, caci maki, menulis tentang keburukan orang lain di jejaring/blog mereka. Tidak jarang, mengungkapkan ekspresi mereka lewat gambar-gambar yang tidak pantas bahkan dengan sengaja menganimasi public figure tertentu untuk dijadikan lelucon.

 

Semua pihak termasuk orangtua, guru, siswa, dan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan penggunaan internet secara positif dan mencegah dampak negatif dari fungsi interaktif dan ekspresifnya. Kita perlu menghindarinya untuk tujuan melukai atau merendahkan harkat dan martabat setiap orang. Tugas kita bersama untuk kemajuan bersama. 

 

(Penulis adalah siswa kelas VIII SMP YPJ Tembagapura)

YERLINCE MAGAY

Siswa kelas VIII SMP YPJ Tembagapura

DOWNLOAD

  • DOWNLOAD PDF

    Lorem ipsum dolor sit amet conse adip elit. Pellentesque tinci dolor sit amet.

EDUMEDIA TERKINI

  • SEKOLAH YPJ TURUT MEMBANTU PARA PENGUNGSI

    Sekolah YPJ turut menyerahkan bantuan kepada para pengungsi di tempat penampungan yaitu Kwamki Narama.

  • TURNAMEN BUPATI CUP 2017- U 11

    Turnamen Bupati Cup 2017 Usia 11 Tahun yang diikuti oleh beberapa sekolah dasar di Timika antara lain

  • TIM YPJ RAIH JUARA 3 KOMPETISI TARI MODERN ANPS 2017

    Kompetisi Modern Dance 2107 yang diikuti sekolah-sekolah ANPS

  • AKREDITASI SEKOLAH YPJ SEBAGAI SEKOLAH IB

    LIMA tahun perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya membuahkan hasil. Terhitung sejak 3 November 2015.

  • EDUCATION FAIR 2015

    Sekolah Pilihan yang Berkualitas, Pintu Gerbang Meraih Sukses di Masa Depan

LANGGANAN NEWSLETTER

GALERI SEKOLAH

KONTAK KAMI